http://catatan-solitaire.blogspot.com/

Kala Sendiri Menjadi Begitu Berarti
 
 
 
 

OUR STORY



Room Solitaire dianggap lahir tanggal 14 juli 2004, meski kenyataannya sudah ada sejak Februari 2004. Arti solitaire = kesepian = menyendiri, sendirian. Kata ini diilhami dari lagu Solitaire (Carpenter). Kesepian disini dalam arti yang luas dan positip. Kesepian yang bermakna kekurangan kita dalam segala hal, yang pada akhirnya membawa kita pada adanya kenyataan dan kesadaran ada sesuatu yang Maha Sempurna mengatur kehidupan ini, sehingga nantinya akan berpengaruh positip dalam berpikir, merasa, mengucapkan dan bertindak dalam kenyaan kehidupan kita sehari-hari. Juga dapat diartikan agar kita tidak merasa sendirian setelah memasuki room YM. We Are The World, kebersamaan kita tanpa batas geografis, gender, religious, usia, suku bangsa, pendidikan, sosial, ekonomi dan budaya.
MALIOBORO,14juli 2004


YUDHISTIRA147

 

Inspired SONG



There was a man
a lonely man
Who lost his love
through his indifference

A heart that cared
that went unshared
Until it died
within his silence

And solitaire's the only game in town
And every road that takes him takes him down
And by himself it's easy to pretend
he'll never love again

And keeping to himself he plays the game
Without her love it always ends the same
While life goes on around him everywhere
He's playing solitaire



A little hope
goes up in smoke
Just how it goes,
goes without saying
There was a man

A lonely man
Who would command
the hand he's playing

Play Music : Solitaire by Carpenter

 

Image & Link

 
 
 

Friday, November 23
Calon Arang & Leak Bali
Dari semua cerita horror yang pernah wa denger atau wa lihat di film, cuma figur Calon arang ini yang meninggalkan bekas yang dalam sekali. Wa masih duduk dikelas 3 SD, waktu mendengar cerita yang sereem banget ini dari mbok Urip yang suka ngasuh wa dulu. Sebuah kisah yang membuat bulu roma wa berdiri , jantung pun berdebar kencang, sampai 3 hari lamanya wa ndak berani tidur sendirian..hehehe.
Calon Arang itu, adalah seorang janda dari desa Dirah, yang hidup pada abad 12 di zamannya Raja Erlangga. Dia mempunyai seorang anak perempuan yang cantik sekali namanya Ratna Manggali. Cuma sayang, tak ada lelaki yang berani mendekati Ratna M karena takut banget sama ibunya yang terkenal sebagai tukang sihir yang jahat . Jadi Calon Arang tersinggung berat. Sebagai pemuja dewi Durga, dia lalu minta bantuan kepada dewi yang menguasai kejahatan di dunia ini, untuk mengirim penyakit sampar ( semacam flu burung kali ye), untuk membunuh orang didesanya. Hingga banyak sekali orang yang meninggal kena wabah yang maha dashaat itu . Paginya kena demam..malamnya jiwa melayang.
R aja Erlangga yang dilapori tentang musibah ini, lalu minta tolong kepada empu Barada yang sakti untuk memecahkan masalah ini. Empu Baradah menyuruh muridnya Bahula, seorang prajurit yang tampan untuk melamar Ratna M. Dan setelah mereka menikah, Bahula lalu disuruh mencuri buku primbonnya Calon Arang yang berisi tentang semua rahasia ilmu sihirnya. Hingga empu Barada dapat mengalahkan janda yang ganas itu. Ini cerita garis besarnya, jadi kurang serem dan menarik.
Tapi setelah Calon Arang mati dikalahkan oleh Barada, ternyata murid-muridnya masih mewarisi ilmunya yang disebut ilmu Leak. Dan terus diwarisi turun temurun oleh murid-murid mereka juga sampai zaman sekarang ini. Saya pernah dengar sendiri dari mulut orang yang menganut ilmu ini di Bali . Ternyata ilmu itu benar-benar ada. Cuma sangat rumit dan rahasia sekali. Susah banget untuk mencari guru yang mau mengajarkan ilmu ini kepada kita. Kalaupun bertemu syaratnya berat sekali. Salah satunya, tidak boleh memakan binatang berkaki 4 dan tidak boleh bersetubuh.. .halah..halaah.
Makanya ilmu ini jarang sekali dimiliki oleh kaum lelaki...hehehe. Kebanyakan yang suka ngeleak itu janda atau perempuan yang belum menikah, alias masih perawan asli gitu. Dan sebelum belajar ilmu leak, lebih dulu sang guru akan menanyakan otonan ( hari lahir versi Bali ), karena hal ini menyangkut kwalitas ilmu leaknya nanti. Misalnya dia lahir di otonan Sukra Pon Medangsia, berarti dewanya adalah Brahma. Jadi sifatnya sering emosial dan disenangi lawan jenisnya. Maka sang guru pun akan dapat mengukur ilmu yang akan diajarkannya kepada muridnya ini, agar tidak mencelakai dirinya sendiri. Tahap pertama sang murid akan diberi mantera dalam aksara Wayah dan Modre ( tulisan bali kuno), lalu tubuhnya akan dirajah dari atas sampai bawah, disebuah kuburan pada saat kajeng kliwon nyitan.
Sebenarnya ilmu leak ini asalnya dari tanah Jawa, campuran aliran Siwa dan Budha >> Bajrayana.
T ingkat Pelajaran ilmu leak...
1. Pertama kita diajari cara mengendalikan pernafasan, yang namanya Mekek Angkihan (Pranayama).
2. Setelah itu kita diberi ilmu Visualisasi >> Ninggalin Sanghyang menget
3. Lalu kita diberi ajaran bagaimana cara kita melindungi diri dengan tingkah laku yang halus dan jauh dari rasa dendam.>> Pengraksa Jiwa.
4. Terakhir kita harus belajar mengkombinasikan antara gerak pikiran dengan gerak tubuh >> Mudra. Dan gerakan mudra ini persis seperti tarian sisa nata praja. Sebuah tarian yang diciptakan oleh Calon Arang untuk memuja batari Durga. Setelah itu barulah kita belajar Meditasi, yang dalam leak disebut Ngeregep.
5. Dan pelajaran terakhir adalah ilmu melepas roh >> Mulih Sanghyang Atma Ring Bayu Sanda Idep. Melalui kekuatan pikiran dan batin yang istilah modernnya disebut Levitasi. Setelah mantera ilmu itu dibaca maka kita akan melihat badan kita terbujur kaku tanpa daya. Dan kesadaran kita berpindah ke jiwa kita. Kalau seorang murid sudah mencapai tingkat ini, maka berarti dia sudah berhasil menguasai ilmu Leak.

R esiko ilmu leak ini juga cukup besar karena bila jiwa kita lemah, tidak kuat iman, maka kita bisa tersesat di alam gaib. Kalau jiwa kita keluar terlalu lama dari tubuh kita, misalnya karena terlalu asiik melihat semua pemandangan yang indah di alam lain, maka tubuh kita yang jadi korbannya. Karena dia bisa kehilangan fungsinya. Misalnya jantung yang berhenti berdetak, akibat terlalu lama mati suri..hingga jiwa kita tak dapat masuk lagi ke dalam tubuh kita. Seperti tertulis dalam kitab Bhagawad Gita ( kitab sucinya agama Hindu) >> Apa yang kamu ingat pada saat kematian, kesanalah kamu akan pergi, dan apa yang kamu pikirkan pada saat sang maut datang menjemput, kesana jugalah kamu akan tiba.
Sakjane , ilmu leak ini tidak seseram yang kita kira. Semua tergantung pada orang yang mempelajarinya. Kalau dia tak bisa mengalahkan emosinya, maka dia dapat berubah menjadi ilmu hitam yang ganas sekali. Seperti figur Calon Arang misalnya. Karena dasar ilmu leak ini adalah >> Sabar dan penuh Welas asih dalam mencapai sebuah tujuan dalam hidup ini.
Sampeyan tak perlu kuatir dalam melawan ilmu leak yang disalah gunakan oleh pemiliknya, karena mantra yang mereka punyai tidak akan berhasil mempengaruhi jiwa kita. selama iman kita kuat dan hanya percaya kepada kekuasaan tunggal milik Tuhan yang Maha Esa. Biarpun mereka mencoba untuk berubah menjadi mahluk atau benda apa saja didepan kita, dengan jalan menyihir mata kita, tapi mereka tak kan berhasil merubah semua kewajaran yang kita lihat. Karena jiwa kita tak dapat dipengaruhi oleh mantra yang dibaca oleh mereka. Makanya banyak orang yang cuma mendengar tentang kedashatan ilmu leak ini, tapi cuma sedikit yang bisa dipengaruhi oleh ilmu ini.
Sujiwo.
posted by imelda @ 12:46 PM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 

♪yang maintain Catatan Solitaire♪

emiko



Temans ............

Catatan solitaire ini terinspirasi oleh banyaknya cerpen, puisi, maupun artikel yang ditulis oleh warga solitaire. Tulisan-tulisan Mas Jiwo yang merupakan kontemplasi dari pengalaman hidupnya, sarat dengan makna. Dengan bahasa yang sederhana tapi sangat enak dinikmati, Mas Jiwo banyak mengambil tema teman kehidupan sosial. Mas Jiwo adalah contoh penulis solitaire yang sangat peduli akan nasib orang kecil. Penghargaan Mas Jiwo kepada kawulo alit ini merupakan cerminan sikapnya yang tidak pernah membedakan latar belakang sesama manusia.

Puisi-puisi Bang BSD yang selalu mendendangkan nyanyian cinta dan kerinduan telah memberikan warna tersendiri bagi kita betapa hidup ini penuh dengan cinta, kerinduan, perjuangan, tapi juga kadang ada kenyataan pahit harus kita hadapi. Jatuh dan bangun mungkin sudah menjadi hukum alam yang mesti kita jalani dengan penuh lapang dada.

Neisya sendiri suka menuangkan gagasan dan pengalaman dalam sebuah esei atau artikel. Ketertarikan Neisya terutama pada Cyber World yang ternyata telah menjadi ilmu yang sangat luas sekali. Dunia Maya, kini sudah menjadi bagian hidup dari jutaan orang, dari yang sekedar ingin chatting, belajar lewat web, sampai pada orang orang yang punya pikiran jahat untuk mengambil hak orang lain, yang sering kita sebut hackers. Semuanya memberikan inspirasi bagi saya untuk terus menulis dan berbagi kepada yang lain.

Solitaire adalah Rumah yang Indah bagi banyak orang Indonesia. Anggotanya saat ini sudah hampir 200 orang, yang berdomisili di banyak negara, misalnya Belanda, Kanada, Amerika Serikat, Jerman, Perancis, Jepang, Hongkong, dan tentunya juga Indonesia. Mas Yudhis (Lurah Solitaire-red) menyebut Solitaire Kebersamaan Tanpa Batas, dan Mas Yudhis benar karena Solitaire adalah tempat berbagi kerinduan akan kampung halaman, tempat berbagi duka dan cinta, tempat yang indah untuk menjalin persaudaraan dan kebersamaan tanpa batas.

Selamat Datang di Catatan-Solitaire, selamat bergabung dengan kebersamaan tiada batas dan terimakasih banyak buat Mas Yudhis, Bang BSD, dan Mas Jiwo yang sudah memberikan supportnya, juga semua anggota yang tidak dapat disebutkan satu-per-satu. With love n gratitude,
**Eisya - Emiko**


 

Last Entries

 

Archieves

 

Messages

 

Template & Credite

Visit Me Klik It

15n41n1