http://catatan-solitaire.blogspot.com/

Kala Sendiri Menjadi Begitu Berarti
 
 
 
 

OUR STORY



Room Solitaire dianggap lahir tanggal 14 juli 2004, meski kenyataannya sudah ada sejak Februari 2004. Arti solitaire = kesepian = menyendiri, sendirian. Kata ini diilhami dari lagu Solitaire (Carpenter). Kesepian disini dalam arti yang luas dan positip. Kesepian yang bermakna kekurangan kita dalam segala hal, yang pada akhirnya membawa kita pada adanya kenyataan dan kesadaran ada sesuatu yang Maha Sempurna mengatur kehidupan ini, sehingga nantinya akan berpengaruh positip dalam berpikir, merasa, mengucapkan dan bertindak dalam kenyaan kehidupan kita sehari-hari. Juga dapat diartikan agar kita tidak merasa sendirian setelah memasuki room YM. We Are The World, kebersamaan kita tanpa batas geografis, gender, religious, usia, suku bangsa, pendidikan, sosial, ekonomi dan budaya.
MALIOBORO,14juli 2004


YUDHISTIRA147

 

Inspired SONG



There was a man
a lonely man
Who lost his love
through his indifference

A heart that cared
that went unshared
Until it died
within his silence

And solitaire's the only game in town
And every road that takes him takes him down
And by himself it's easy to pretend
he'll never love again

And keeping to himself he plays the game
Without her love it always ends the same
While life goes on around him everywhere
He's playing solitaire



A little hope
goes up in smoke
Just how it goes,
goes without saying
There was a man

A lonely man
Who would command
the hand he's playing

Play Music : Solitaire by Carpenter

 

Image & Link

 
 
 

Saturday, October 21
[Kisah sejati] LEBARAN
Lebaran adalah hari yg paling menggembirakan bagi anak2 kecil dan para dewasa yg akhirnya selesai juga menunaikan ibadah puasanya, anak2 sudah bangun dipagi buta mengenakan pakaian dan sepatu baru, hidangan dan kue2 lebaran sudah menanti diatas meja2 dan setelah selesai sembahyang ied kerabatpun bertandang bersalaman.. ..
Saya duduk mencangkung masih agak ngantuk diberanda, pakaian baru yg di buat mak berwarna merah berdasi kupu2 putih tak mampu menghalau rasa kantuk dimata saya, anak2 sebaya saya sudah berlompatan dihalaman rumah main lompat tali sambil ter gelak2...tiba2 seperti ditarik sesuatu mata saya yg letih ini ditolehkan kesebuah rumah papan berjarak 10 meter dari rumah saya, rumah tsb tertutup rapat dan gelap, ada 2 wajah kecil di balik hordeng jendela sedang mengintip kesibukan diluar rumah nya, hmm rumah milik keluarga suku tionghoa ini memang dipagar dan selalu tertutup rapat tiap hari, dua putri kecil mereka wiwi dan rina memang jarang bermain dengan kami dan mereka pergi sekolah di yayasan mardiuana (sekolah anak2 katolik dan tionghoa dikota itu).
Saya mencoba tak memperdulikan nya,tetap menekuk lutut menutup mata..tamu2 terus mengalir menyalami mak dan kakak2 saya. mereka seperti tak terganggu oleh pemandangan saya yg duduk ditengah pintu masuk...." omie...bangunlah dan bersihkan mukamu biar cerah, ini hari lebaran seharusnya kamu gak kuyu loyo begitu " hardik mak sambil mengangkat tangan saya
"ngantuk mak.."
"cucilah mukamu biar hilang kantuknya dan makan ketupat dan sayur rebung kesukaan mu..."
dengan malas saya menuju kamar mandi, meraup air dingin mengusapkan nya kemuka...agak segar memang, tapi rasa kantuk belum musnah juga, semalam saya keluar kota lagi bernyanyi utk acara halal bihalal menghibur para pejabat daerah dan baru kembali kerumah jam 1 pagi...
Sambil makan ketupat sayur saya kembali keberanda dan duduk disana, anak2 menghampiri " ayo omie kita main lompat tali....main tak umpet, main gobag...ayo ayo....."
saya agak malas bermain " saya gak main cuman liatin aja deh.." balas saya.
Mata saya tertuju pada hordeng dan dua wajah kecil itu lagi, saya agak heran juga kenapa mereka tak mau keluar dan bermain dengan kami terutama hari lebaran....setelah saya selesai makan ketupat sayapun langsung menghampiri wiwi dan rina yg masih mengintip dengan matanya yg sipit menggemaskan itu...
" hey wi,,,ayo keluar dong main sama kita kan lebaran nih.." ajak saya
wiwi dan rina langsung berlari kebelakang memanggil ibunya " mami..mami.. .." teriaknya
saya cuman angkat bahu dan berbalik, percuma saja mereka gak bakal mau bermain , pikir saya.
lalu saya menoleh kebelakang, eh dua wajah itu nongol lagi dibalik hordeng...saya berhenti dan tersenyum melambaikan tangan...wiwi membalas nya...." ayo wi kesini main sama2.." ajak saya lagi....
rina adiknya yg berbuntut kuncir panjang itu berlari lagi kebelaknag mencari ibuny tetapi wiwi masih berdiri tersenyum kepada saya, saya menghampirinya lagi " buka pintu nya wi..kamu mau kue2 lebaran enggak " tanya saya
"enggak" jawab wiwi malu
ibu nya wiwi muncul, " wiwi sama rina gak bisa main ya...." katanya kepada saya dengan nada seramah mungkin
" kenapa?" tanya saya pengen tau
" mereka gak terbiasa..nanti malah ketakutan"
saya agak bingung juga mendengar hal yg tak masuk akal ini
" kalau gak mau main duduk aja dengan saya dirumah saya " saya terus menawar tak mau nyerah
sang ibu menatap wiwi dan rina seakan minta persetujuan mereka " mau main sama omie ???" tanya nya
kedua anak nya yg cantik ini menyahut cepat " mauuuuuuuu"
Pintu pun terbuka, wiwi dan rina langsung menghambur keluar dan kami duduk bertiga di depan rumah saya, saya ambil beberapa macam kue2 kering yg dibuat mak utk wiwi dan rina, kami menyantapnya dan tak lama kamipun sudah cekikikan ngalor ngidul seperti umum nya anak2 kecil yg suka berceloteh, terutama rina..aduh mulutnya yg mungil tak bisa berhenti bicara....ini pertama kali saya bisa duduk dan bermain dnegan mereka.
mak keluar dan terlihat gembira melihat rina dan wiwi ada dirumah nya " adduhh..tumben nih, enak kue nya nak ?"
wiwi menyahut " enak...."
saya lebih suka kue nenas ini" kata rina
saya mencolek lengan mak ketik amak mencoba utk masuk rumah lagi " mak..undanglah mami nya wiwi utk lebaran, atau kirimlah makanan atau kue..."
mak terdiam sesaat..ada keraguan diwajahnya " dia paling gak akan suka nak "
" ah..kan belum dicoba, mana mak tau"
" kamu mau antarkan makanan kerumah nya ?" tantang mak
"lho kok saya ? mak dong,,itu kan urusan orang tua"
"ah takutnya dia menolak karena dia emang gak suka bergaul dan seperti gak mau diganggu orang nya " kata mak bersepekulasi.
"maaaaakkkk, pergilah kesana, kasian mereka cuman hidup bertiga...lebaran kan buat semua orang...." sikap tak sabaran saya muncul juga dan mak sudah hafal benar.
"biar nanti mak suruh kakakmu utk mengantarkan nya "

Tak lama kakak saya menuju rumah ibunya wiwi dengan beberapa bingkisan lebaran, diketuknya dan ibu wiwi muncul, mereka terlihat bersalaman, saya terus memperhatikan nya, ibu wiwi menerima rantangan makanan yg diberikan kakak saya..lalu kakak wanita saya itu masuk kedalam rumah, 10 menit kemudian mereka berdua keluar dan menuju rumah kami, wiwi dan rina sangat gembira melihat ibunya muncul dan berkumpul bersama di beranda rumah saya.
mak dan ibunya wiwi bercerita panjang lebar tentang kepergiaan suami2 mereka, ayah wiwi menderita penyakit paru2 dan meninggal dan mak bercerita kepergian ayah saya yg diambil pemerintah karena dianggap partai komunis.
Kami sudah bertetangga ber tahun2 tetapi baru hari itulah kami saling mengenal, saya menawarkan wiwi dan rina utk belajar bersama dirumah saya juga bermain bersama, sementara mak dan ibu nya wiwi menjadi dua sahabat yg ngerumpi setiap hari .
Lambat laun wiwi, rina dan ibunya mulai membaur dengan warga dikampung, mereka tak merasa hidup sendirian lagi.
Setiap hari lebaran wiwi, rina dan ibunya membuat janur ketupat, tradisi islam ini menjadi tradisi katholik nya juga, bila hari natal kamipun merayakan nya bersama..
ah betapa indahnya mempunyai kerabat,,,hidup menjadi semarak walau begitu mencekam..

Saya tak bisa hidup tanpa kerabat, walau mereka jauh di mata tetapi selalu bergerak didalam hati.

salam
omie
posted by imelda @ 8:40 AM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 

♪yang maintain Catatan Solitaire♪

emiko



Temans ............

Catatan solitaire ini terinspirasi oleh banyaknya cerpen, puisi, maupun artikel yang ditulis oleh warga solitaire. Tulisan-tulisan Mas Jiwo yang merupakan kontemplasi dari pengalaman hidupnya, sarat dengan makna. Dengan bahasa yang sederhana tapi sangat enak dinikmati, Mas Jiwo banyak mengambil tema teman kehidupan sosial. Mas Jiwo adalah contoh penulis solitaire yang sangat peduli akan nasib orang kecil. Penghargaan Mas Jiwo kepada kawulo alit ini merupakan cerminan sikapnya yang tidak pernah membedakan latar belakang sesama manusia.

Puisi-puisi Bang BSD yang selalu mendendangkan nyanyian cinta dan kerinduan telah memberikan warna tersendiri bagi kita betapa hidup ini penuh dengan cinta, kerinduan, perjuangan, tapi juga kadang ada kenyataan pahit harus kita hadapi. Jatuh dan bangun mungkin sudah menjadi hukum alam yang mesti kita jalani dengan penuh lapang dada.

Neisya sendiri suka menuangkan gagasan dan pengalaman dalam sebuah esei atau artikel. Ketertarikan Neisya terutama pada Cyber World yang ternyata telah menjadi ilmu yang sangat luas sekali. Dunia Maya, kini sudah menjadi bagian hidup dari jutaan orang, dari yang sekedar ingin chatting, belajar lewat web, sampai pada orang orang yang punya pikiran jahat untuk mengambil hak orang lain, yang sering kita sebut hackers. Semuanya memberikan inspirasi bagi saya untuk terus menulis dan berbagi kepada yang lain.

Solitaire adalah Rumah yang Indah bagi banyak orang Indonesia. Anggotanya saat ini sudah hampir 200 orang, yang berdomisili di banyak negara, misalnya Belanda, Kanada, Amerika Serikat, Jerman, Perancis, Jepang, Hongkong, dan tentunya juga Indonesia. Mas Yudhis (Lurah Solitaire-red) menyebut Solitaire Kebersamaan Tanpa Batas, dan Mas Yudhis benar karena Solitaire adalah tempat berbagi kerinduan akan kampung halaman, tempat berbagi duka dan cinta, tempat yang indah untuk menjalin persaudaraan dan kebersamaan tanpa batas.

Selamat Datang di Catatan-Solitaire, selamat bergabung dengan kebersamaan tiada batas dan terimakasih banyak buat Mas Yudhis, Bang BSD, dan Mas Jiwo yang sudah memberikan supportnya, juga semua anggota yang tidak dapat disebutkan satu-per-satu. With love n gratitude,
**Eisya - Emiko**


 

Last Entries

 

Archieves

 

Messages

 

Template & Credite

Visit Me Klik It

15n41n1