http://catatan-solitaire.blogspot.com/

Kala Sendiri Menjadi Begitu Berarti
 
 
 
 

OUR STORY



Room Solitaire dianggap lahir tanggal 14 juli 2004, meski kenyataannya sudah ada sejak Februari 2004. Arti solitaire = kesepian = menyendiri, sendirian. Kata ini diilhami dari lagu Solitaire (Carpenter). Kesepian disini dalam arti yang luas dan positip. Kesepian yang bermakna kekurangan kita dalam segala hal, yang pada akhirnya membawa kita pada adanya kenyataan dan kesadaran ada sesuatu yang Maha Sempurna mengatur kehidupan ini, sehingga nantinya akan berpengaruh positip dalam berpikir, merasa, mengucapkan dan bertindak dalam kenyaan kehidupan kita sehari-hari. Juga dapat diartikan agar kita tidak merasa sendirian setelah memasuki room YM. We Are The World, kebersamaan kita tanpa batas geografis, gender, religious, usia, suku bangsa, pendidikan, sosial, ekonomi dan budaya.
MALIOBORO,14juli 2004


YUDHISTIRA147

 

Inspired SONG



There was a man
a lonely man
Who lost his love
through his indifference

A heart that cared
that went unshared
Until it died
within his silence

And solitaire's the only game in town
And every road that takes him takes him down
And by himself it's easy to pretend
he'll never love again

And keeping to himself he plays the game
Without her love it always ends the same
While life goes on around him everywhere
He's playing solitaire



A little hope
goes up in smoke
Just how it goes,
goes without saying
There was a man

A lonely man
Who would command
the hand he's playing

Play Music : Solitaire by Carpenter

 

Image & Link

 
 
 

Friday, January 18
[KISAH] Sandyakalaning Cendana
Hari-hari terakhir ini, saya mengikuti terus berita di koran tentang nasib orang terkuat yang pernah ada di Indonesia >> mantan Presiden Soeharto. Semua sudah menantikan dengan hati berdebar, kapan orang besar yang punya banyak kawan dan lawan itu menghembuskan nafasnya yang terakhir.
Sakjane, masih ada orang yang lebih kuat lagi dibelakang pak Harto. Seperti pasangan duo patih Gajah Mada dan Raja Hayam Wuruk dari kerajaan Majapahit dulu, dan setelah kedua orang besar itu wafat maka awan gelap pun datang melingkungi keluarga istana Majapahit. Yang berakhir dengan sebuah perang saudara yang dashaat sekali>>>> perebutan harta dan kekuasaan antara menantu dan putra sang prabu .
Orang kuat yang ada dibelakang pak Harto itu, tak lain dan tak bukan adalah istrinya sendiri. RA Siti Hartinah (1923 - 1996). Yang masih keturunan langsung dari Sultan Agung dan Pangeran Samber nyawa ( Raden mas Said, Mangkunegara I), yang namanya pernah menggetarkan pemerintah kolonial Belanda dengan keberanian mereka yang luar biasa.

Menurut cerita burung, Bu Tien itu juga seorang perempuan nariswari seperti Ken Dedes yang menurunkan raja-raja di Jawa Timur dulu. Menurut kitab Parataton, siapa yang bisa menikahi perempuan yang gua garbanya bersinar, maka dia akan memperoleh derajat raja. Dan ini bisa dibuktikan dengan karier pak Harto yang terus melonjak naik sampai menjadi seorang Presiden disebuah negara yang besar.

Benar tidaknya cerita ini, yang jelas setelah Bu Tien wafat, maka karisma pak Hartopun kian memudar juga. Hanya dalam waktu 2 tahun setelah istrinya meninggal, beliau terpaksa lengser dari jabatannya. Dan anak cucunya satu persatu ditimpa masalah, problem dan gosip. Bahkan sampai pergantian 3 presiden selanjutnya, keluarga Cendana masih tetap menjadi berita utama yang negatif di koran-koran Indonesia.
Saya percaya , masih banyak orang yang merasa benci tapi rindu pada zaman Orde baru...hehehe. Apalagi waktu ekonomi Indonesia belum dilanda resesi yang dashaat itu. Rasanya hidup kita berlimpah ruah pada saat itu. Uang mudah dicari, semua usaha lancar dan banyak orang yang kaya mendadak karena jabatan. Pembangunan berjalan terus dimana-mana. Indonesia termasuk negara besar yang disegani oleh negara lain. Meskipun semua uang yang berlimpah itu ternyata bukan uang kita sendiri, tapi cuma uang pinjaman dari negara lain. Dan mata kita baru terbuka lebar setelah resesi yang hebat datang melanda. Orang terpana semua waktu mendengar betapa banyaknya hutang kita ke luar negeri. Kurang lebih Rp1.500 trilyun. Artinya 1.500 ditambah 12 nol dibelakangnya. Kalau dipukul rata, setiap orang Indonesia termasuk bayi yang baru lahir punya hutang Rp 7.000.000,- Dan ekonomi yang makin terpuruk pada zaman reformasi ini adalah akibat warisan hutang pada zaman Orde baru dulu.
Dan kini setelah orang besar itu berada diambang pintu kematian, semua orang menjadi bingung untuk menentukan status hukum Pak Harto, yang ternyata masih punya karisma dan masih banyak pendukungnya. Saya percaya bahwa soal yang satu ini akan tetap menjadi blunder yang besar, setelah pak Harto tak ada lagi. Yang jelas harta keluarga Cendana itu tak akan habis dimakan oleh 7 turunan. Tapi apakah mereka bahagia ???. Kita cuma bisa diam memikirkan kebenaran. Kita cuma bisa mendengar nasib mereka satu persatu. Dan kita cuma bisa merenung melihat tingkah laku mereka. Sejarah memang kadang menakutkan tapi juga membuat rindu akan sebuah masa lalu yang indah.

Sujiwo.
posted by imelda @ 10:50 PM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 

♪yang maintain Catatan Solitaire♪

emiko



Temans ............

Catatan solitaire ini terinspirasi oleh banyaknya cerpen, puisi, maupun artikel yang ditulis oleh warga solitaire. Tulisan-tulisan Mas Jiwo yang merupakan kontemplasi dari pengalaman hidupnya, sarat dengan makna. Dengan bahasa yang sederhana tapi sangat enak dinikmati, Mas Jiwo banyak mengambil tema teman kehidupan sosial. Mas Jiwo adalah contoh penulis solitaire yang sangat peduli akan nasib orang kecil. Penghargaan Mas Jiwo kepada kawulo alit ini merupakan cerminan sikapnya yang tidak pernah membedakan latar belakang sesama manusia.

Puisi-puisi Bang BSD yang selalu mendendangkan nyanyian cinta dan kerinduan telah memberikan warna tersendiri bagi kita betapa hidup ini penuh dengan cinta, kerinduan, perjuangan, tapi juga kadang ada kenyataan pahit harus kita hadapi. Jatuh dan bangun mungkin sudah menjadi hukum alam yang mesti kita jalani dengan penuh lapang dada.

Neisya sendiri suka menuangkan gagasan dan pengalaman dalam sebuah esei atau artikel. Ketertarikan Neisya terutama pada Cyber World yang ternyata telah menjadi ilmu yang sangat luas sekali. Dunia Maya, kini sudah menjadi bagian hidup dari jutaan orang, dari yang sekedar ingin chatting, belajar lewat web, sampai pada orang orang yang punya pikiran jahat untuk mengambil hak orang lain, yang sering kita sebut hackers. Semuanya memberikan inspirasi bagi saya untuk terus menulis dan berbagi kepada yang lain.

Solitaire adalah Rumah yang Indah bagi banyak orang Indonesia. Anggotanya saat ini sudah hampir 200 orang, yang berdomisili di banyak negara, misalnya Belanda, Kanada, Amerika Serikat, Jerman, Perancis, Jepang, Hongkong, dan tentunya juga Indonesia. Mas Yudhis (Lurah Solitaire-red) menyebut Solitaire Kebersamaan Tanpa Batas, dan Mas Yudhis benar karena Solitaire adalah tempat berbagi kerinduan akan kampung halaman, tempat berbagi duka dan cinta, tempat yang indah untuk menjalin persaudaraan dan kebersamaan tanpa batas.

Selamat Datang di Catatan-Solitaire, selamat bergabung dengan kebersamaan tiada batas dan terimakasih banyak buat Mas Yudhis, Bang BSD, dan Mas Jiwo yang sudah memberikan supportnya, juga semua anggota yang tidak dapat disebutkan satu-per-satu. With love n gratitude,
**Eisya - Emiko**


 

Last Entries

 

Archieves

 

Messages

 

Template & Credite

Visit Me Klik It

15n41n1